Pages

Rabu, 06 Februari 2013

20 Universitas Tertua di Indonesia (bagian kedua-habis)


setelah urutan 11 sampai 20 universitas tertua di berikut ini urutan 10 sampai pertama kampus yang tertua di Indonesia: 




10. Universitas Islam Sumatera Utara
Tahun berdiri : 7 Januari 1951
Singkatan : UISU

UISU merupakan universitas pertama dan tertua di Sumatera. Perguruan tinggi ini dahulu bernama “Akademi Islam Indonesia” yang kemudian berubah menjadi Universitas Islam Sumatera Utara pada 31 Desember 1977. UISU merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak mempelopori dunia pendidikan di Sumatera dan juga di Indonesia secara keseluruhan, karena UISU memiliki Fakultas Kedokteran pertama di sumatera dan Fakultas kedokteran swasta pertama di Indonesia. Universitas swasta ini masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa di Medan, khususnya program Studi Pendidikan Dokter dan Ilmu Hukum.

9. Universitas Hasanuddin
Tahun berdiri : 1950
Singkatan : Unhas

Unhas merupakan perguruan tinggi tertua di kawasan Indonesia Timur. Universitas negeri ini tadinya merupakan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia cabang Makassar. Namun setelah muncul peraturan kampus tidak boleh membuka cabang, Unhas kemudian bersatus mandiri pada 13 September 1956. Fakultas Kedokteran Unhas merupakan fakultas unggulan di kampus yang terletak di kota rica-rica ini . Tiap tahun peminat FK Unhas sangat besar. Begitu juga dengan passing grade nya, diantara universitas negeri lain di Indonesia Timur, Unhas lah yang tertinggi.

8. Universitas Kristen Indonesia
Tahun berdiri : 2 Mei 1950
Singkatan : UKI

UKI adalah universitas kristen pertama di Indonesia. Cikal bakal kampus yang dahulu bernama “Universiteit Kristen” ini terletak di kawasan salemba, tepatnya di seberang Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan dibelakang Universitas Persada Indonesia YAI. Namun gedung tersebut kini digunakan sebagai Program Pascasarjana. Universitas swasta ini juga menelurkan Fakultas Kedokteran swasta pertama di Jakarta, yaitu FK UKI. Seiring berkembangnya kampus ini, didirikanlah kampus baru di daerah Cawang, Jakarta Timur. Selain Fakultas Kedokteran, kampus ini terkenal juga dengan Fakultas Hukum. Itu dikarenakan, banyak orang batak yang menuntut ilmu disini, dimana “stereotip” orang batak yang banyak menjadi pengacara.

7. Universitas Gadjah Mada
Tahun berdiri : 3 Maret 1946
Singkatan : UGM

UGM dahulu bernama Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada. Perguruan tinggi negeri ini sempat disebut-sebut sebagai universitas tertua di indonesia oleh banyak sumber media massa dan online. Hal itu dikarenakan UGM sudah berbentuk universitas pada tanggal 15 Desember 1949, sementara UI, ITB, IPB, dan UNAIR masih berupa sekolah-sekolah. Sebenarnya hal tersebut tidaklah tepat, karena berdirinya suatu perguruan tinggi harusnya dilihat dari cikal bakal pendirian sekolahnya, bukan secara utuh (kecuali langsung berdiri utuh sebagai universitas). Kampus yang satu ini pasti seluruh masyarakat Indonesia tahu, karena pamor dan eksistensinya selama ini. Selain masuk dalam jajaran 300 universitas terbaik dunia, UGM juga masuk dalam kategori 50 best life science & bio-medicine school Asia. UGM merupakan 5 besar perguruan tinggi negeri terfavorit Indonesia. Selain kedokteran, UGM juga difavoritkan di bidang studi Teknik Elektro, Teknik kimia, Teknik mesin, Arsitektur, Kedokteran gigi, Akuntansi, Psikologi, Hubungan internasional, Manajemen, Ilmu komunikasi, Ilmu hukum dan Sastra inggris. Tak heran banyak lulusan SMA berbondong-bondong mengikuti UM UGM, meski harus merogoh kocek orang tuanya hingga ratusan juta. Di dunia kerja, lulusan Akuntansi UGM adalah nomor 1 yang paling dicari perusahaan bonafit di Jakarta. Lihat saja di hampir 100% Bank BUMN dan Swasta, dari jajaran Direksi hingga General Manager, dikuasai oleh alumni UGM.

6. Universitas Nasional
Tahun berdiri : 1946
Singkatan : Unas

Universitas swasta pertama di Jakarta yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini, dahulunya adalah alternatif bagi mahasiswa yang tak ingin berkuliah di Universiteit van Indonesie (nama UI pada zaman tersebut). Pada saat itu namanya adalah Akademi Nasional dan menjadi universitas pada tanggal 15 Oktober 1949. Universitas ini didirikan oleh budayawan Sutan Takdir Alisjahbana. Program studi yang disediakan berupa Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Hukum, Hubungan Internasional dan Sastra. Itu pula yang menyebabkan kampus ini menjadi Sekolah Ilmu Sosial Politik pertama di Indonesia dan Sekolah Sastra pertama di Indonesia. Selain jurusan sosial politik yang menonjol, universitas ini memiliki program studi yang sudah cukup mumpuni, yaitu Biologi. Namun tak sembarang Biologi, karena Biologi Unas telah berdiri sejak 15 Oktober 1949 yang membuatnya menjadi Program Studi Biologi pertama di Indonesia . Di Jakarta sendiri, Biologi Unas terkenal sebagai spesialisasi Biologi Medis, sehingga banyak dipakai sebagai peneliti maupun tenaga pengajar di SMA dan universitas.

5. Universitas Islam Indonesia
Tahun berdiri : 8 Juli 1945
Singkatan : UII

Anda juga pasti tahu tentang UII, apalagi jika anda berada di Yogya. Universitas ini berdiri dengan nama “Sekolah Tinggi Islam”, dengan menyediakan ilmu-ilmu studi tentang Agama Islam. Universitas pertama dan tertua di yogyakarta ini kemudian mendapat respon yang baik dari masyarakat sehingga berkembang menjadi Universitas Islam Indonesia pada 4 Juni 1948. Perkembangan tersebut juga mempengaruhi program studi yang diajarkan. Program studi modern pun ditawarkan seperti Manajemen dan Ilmu Hukum. Program studi Ilmu Hukum ini kemudian menjadi jurusan favorit pertama di UII. Lulusan FH UII pun sekarang sudah kita kenal seperti Mahfud MD, ketua Mahkamah Agung. Di beberapa institusi pemerintahan di Jakarta, alumni FH UII termasuk salah satu alumni yang banyak dicari.

4. Institut Pertanian Bogor
Tahun berdiri : 1938
Singkatan : IPB

Perguruan tinggi yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu dan merupakan 5 besar perguruan tinggi negeri terfavorit Indonesia. Kampus yang satu ini termasuk perguruan tinggi bentukan Belanda (VOC) yang terdiri atas Middelbare Landbouw School (Sekolah Pertanian), Middelbaar Bosbouw School (Sekolah Kehutanan) dan Nederlandsch Indische Veeartsen School (Sekolah kedokteran Hewan). Hingga tahun 1940, sekolah yang masih bertahan hanya NIVS. Kemudian sekolah ini berganti rupa menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran hewan (PTKH). Sekolah Pertanian (Landbouw Hogeschool) dibuka kembali namun dibawah naungan Universiteit van Indonesie (UI). Hingga akhirnya melepaskan diri pada 1 September 1963 dan menjadi Institut Pertanian Bogor dengan 5 fakultas. Sebagai Sekolah Pertanian pertama di Indonesia, tentunya IPB menyediakan program studi yang cukup lengkap di bidang pertanian, perairan, perikanan, dan tentunya Fakultas Kedokteran Hewan pertama di indonesia yang sudah berpengalaman. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin dinamis membuat IPB tak lagi terkenal menjadi institut pertanian, namun menjadi “Institut Perbankan Bogor”. Ini dikarenakan alumni IPB yang dominan bekerja di perbankan baik BUMN maupun swasta.

3. Institut Teknologi Bandung
Tahun berdiri : 1920
Singkatan : ITB

Inilah perguruan tinggi teknik favorit nomor 1 di Indonesia. Namanya sudah mendunia, karena masuk dalam jajaran 300 universitas terbaik dunia dan 50 best engineering school Asia. Kampus ini juga bentukan Belanda (VOC) yang bernama Technische Hooge School (THS). Setelah 39 tahun berjalan, akhirnya THS berubah menjadi ITB pada 2 Maret 1959. Menurut passing grade SNMPTN, ITB memiliki passing grade tertinggi se-Indonesia untuk Program Studi Teknik Informatika. ITB juga mengalami perubahan kurikulum. Mahasiswa yang diterima jalur SNMPTN harus mengikuti matrikulasi selama 1-2 semester untuk di lihat kemana minat dan kemampuan tiap mahasiswa. Selain itu, ITB juga mengelompokkan program studinya berdasarkan kemiripan bidang studi dalam bentuk sekolah-sekolah seperti Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI), Sekolah Arsitektur, Perencanaan & Pengembangan kebijakan (SAPPK), Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF) dan yang paling terbaru dan terkenal adalah Sekolah Bisnis & Manajemen (SBM) ITB. Di mata perusahaan, terutama perusahaan minyak dan tambang (BUMN dan Swasta), alumni ITB adalah nomor 1 yang paling dicari.

2. Universitas Airlangga
Tahun berdiri : 1 Juli 1913
Singkatan : Unair

Universitas tertua di jawa timur dan tertua kedua Indonesia ini terletak di kota Surabaya. Pada mulanya Unair merupakan Sekolah Kedokteran bentukan belanda (VOC) yang bernama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS). Selain belajar tentang kedokteran umum, NIAS juga mengajarkan Ilmu Kedokteran Gigi. Pada akhirnya terbentuklah pula sekolah kedokteran gigi yang dinamakan School tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT). Sekolah ini merupakan Sekolah kedokteran Gigi pertama di Indonesia yang kini dikenal dengan sebutan FKG Unair. Kampus ini menjadi Universitas Airlangga pada 10 November 1954. Unair memang dikenal masyarakat sebagai kampus spesialis ilmu medis. Selain karena sejarahnya, ini juga diakibatkan Unair memiliki program studi medis terlengkap di Indonesia, mulai dari Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Dokter Hewan, Keperawatan, keperawatan Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Radiologi, Rekam Medis, dan lain-lain. Hal ini yang membuat Unair menjadi 5 besar perguruan tinggi negeri terfavorit Indonesia, khususnya program studi berbau medis. . .

1. Universitas Indonesia
Tahun berdiri : 1851
Singkatan : UI

Ya, anda sudah bisa menebak. UI merupakan universitas tertua di Indonesia. Kampus yang terletak di kawasan “hutan” depok ini merupakan Sekolah Kedokteran pertama di Indonesia dan juga merupakan Sekolah Hukum pertama di Indonesia. Sejarah ini berawal dari tahun 1851, dimana VOC mendirikan sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan. Sekolah tersebut selama 2 tahun dengan gelar “Dokter Jawa”. Tahun 1875 gelar diubah menjadi “Dokter Medis” dengan masa pendidikan selama 7 tahun. Inilah yang menjadi cikal bakal sistem pendidikan kedokteran di Indonesia yaitu selama 6-7 tahun. Tahun 1898, VOC mendirikan sekolah baru bernama School tot Opleiding Van Indische Artsen (STOVIA) dan Retch Hogeschool (RHS). Sekolah ini yang tetap bertahan hingga sekarang dan dikenal dengan sebutan FK UI dan FH UI. Universitas Indonesia sendiri berubah menjadi universitas yang solid pada 2 Februari 1950. UI merupakan kampus terfavorit nomor 1 di Indonesia. Pendaftar di UI cukup tinggi, tidak hanya melalui SNMPTN, namun juga SIMAK UI. Program Studi favorit di UI adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum dan Psikologi. Selain difavoritkan oleh calon mahasiswa, UI juga difavoritkan oleh calon pemberi kerja alias perusahaan. UI sendiri kini menjadi “branded” tersendiri bagi masyarakat, karena mahasiswa dan alumni UI selalu dicap “pintar”, meskipun pada kenyataannya tidak semua seperti itu. Menurut persepsi perusahaan, Akuntansi UI merupakan favorit bagi “The Big Four” Price WaterhouseCooper (PWC). Sementara itu, FH UI dan FISIP UI, paling banyak bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementrian Hukum & HAM, Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi, Mahkamah Konstitusi, anggota DPR dan Partai Politik. Kedokteran UI juga banyak menghasilkan peneliti ahli, profesor-profesor di fakultas kedokteran ternama, maupun anggota di lembaga seperti Kementrian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

sumber : http://www.infosnmptn.web.id/2012/10/universitas-tertua-indonesia-2.html#.URMgVqV3ajQ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar