Pages

Senin, 25 Februari 2013

5 Kandungan Kosmetik yang Membahayakan Kesehatan

Senin, 04/06/2012 14:59 WIB

Arina Yulistara - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Agar tampil sempurna, hampir semua wanita tidak lupa menggunakan make-up ketika keluar rumah, bahkan saat di rumah pun terkadang mereka menerapkannya. Namun, tahukah Anda ada beberapa bahan berbahaya yang terkandung dalam kosmetik?

Tidak semua produk kecantikan dengan harga tinggi mampu menjamin kesehatan. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui kandungan kosmetik yang dapat membahayakan diri sendiri. Dikutip dari Urbanette, berikut penjelasannya.

1. Phthalates
Dibutylphthalate (DBP) atau butil ester merupakan bahan yang paling sering dipakai dalam produk perawatan kulit karena bisa membantu kulit menyerap produk dengan baik. Hasilnya pun terasa lebih cepat. Namun ternyata, DBP telah diklasifikasikan oleh US Environmental Protection Agency sebagai bahan yang bisa menyebabkan kanker. Walaupun demikian, masih banyak produsen kosmetik yang menjual make-up dengan kandungan tersebut.

2. Sodium Lauryl Sulphate
Bahan kimia ini biasanya terkandung dalam produk pembersih wajah. Fungsinya membersihkan lapisan minyak serta menyegarkan kulit. Namun, Sodium dapat membuat kulit menjadi rentan terhadap kotoran, wajah bisa berlubang dan kasar. Maka dari itu, sebaiknya hindari produk pembersih wajah yang mengandung Sodium Lauryl Sulphate.

3. Synthetic Perfumes
Hanya karena aromanya harum, Anda tidak memperhatikan kandungan dari produk kosmetik. Synthetic Perfumes bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, dan reaksi lain yang serupa. Umumnya, Synthetic Perfumes terdapat dalam produk perawatan kulit yang dijual lebih murah untuk menarik pembeli.

4. Cocoamide Dea Tea
Cocoamide atau diethylalomine biasanya terkandung dalam shampo dan pelembab wajah. Penelitian menunjukkan bahan ini bisa menghambat penyerapan kolin (suatu zat yang termasuk dalam vitamin B) untuk perkembangan fungsi otak. Selain itu, Cocoamide dapat menimbulkan jerawat, gatal, serta alergi jangka pendek.

5. Petrochemicals
Beberapa produk yang kecantikan kulit mengandung bahan petrochemicals. Mungkin Anda berpikir jika bahan ini bisa membuat kulit tampil menawan. Akan tetapi, menurut penelitian, produk dengan kandungan ini dapat menyebabkan masalah ginjal, saraf, kerusakan pada otak, dan anemia jangka panjang. Studi dilakukan pada sekelompok tikus dan hasilnya beberapa hewan menderita bahkan mati sebelum studi tersebut selesai. Oleh karena itu, hati-hati menggunakan kosmetik untuk kulit, terutama yang berwarna, seperti Blue C No 1 atau FD.

Setelah Anda mengetahui bahan apa yang akan mempengaruhi kesehatan, Anda bisa berhati-hati ketika memilih kosmetik yang akan digunakan. Baca kandungan secara seksama sebelum Anda terjebak dalam masalah yang lebih besar.

sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/06/04/145953/1932227/234/5-kandungan-kosmetik-yang-membahayakan-kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar