Pages

Sabtu, 23 Februari 2013

Review Icon Pop Quiz – Tebak Gambar Ala Developer Indonesia

Review Icon Pop Quiz – Tebak Gambar Ala Developer Indonesia


Akhir-akhir ini, saya cukup terkejut dengan temuan beberapa game lokal yang sebelumnya tidak pernah saya dengar. Ternyata banyak juga developer game mobile di Indonesia. Salah satu yang ingin saya bahas kali ini adalah Icon Pop Quiz keluaran dari Alegrium yang terkenal berkat Rob n Roll-nya. Game ini sendiri sudah menduduki 5 besar Top Free Apps iTunes App Store Indonesia saat saya menulis review ini.

Icon Pop Quiz | Screenshot 1 
Kalau kamu sudah pernah memainkan Logo Quiz, seharusnya kamu tidak akan kesulitan karena konsep game Icon Pop Quiz sebenarnya sama yaitu menebak sebuah gambar. Game ini akan terbagi dua bagian yaitu TV & Film Quiz dan Character Quiz. Tentu saja TV dan Film lebih dikhususkan untuk menebak judulnya sementara Character Quiz lebih kepada nama karakter yang dimainkan dalam sebuah film.
Setiap bagian tersebut akan dibagi lagi menjadi 5 level. Tentu saja semakin tinggi level, semakin sulit juga gambar yang harus ditebak. Ke 5 level tersebut tidak akan langsung terbuka begitu saja, melainkan kamu harus menyelesaikan minimal setengahnya dari setiap level untuk membuka level selanjutnya. Cara bermainnya cukup mudah, permulaan semua gambar terlihat kurang bercahaya, kamu hanya perlu tap di salah satu gambar yang kamu anggap familiar. Sebuah papan ketik akan muncul dan kamu harus menebak dengan benar.
Icon Pop Quiz | Screenshot 2 
Nilai sempurna yaitu 100 akan didapat bila kamu menjadi pada percobaan sekali dengan tepat tanpa kurang 1 huruf pun. Sementara itu nilai akan semakin berkurang bila salah ketik atau kurang 1 huruf pelengkap seperti ‘s’, atau jawaban baru benar setelah percobaan yang kesekian kali. Skor ini hanya akan mempengaruhi nilai yang ada di Leaderboard Game Center. Selain itu setiap jawaban yang benar kamu akan mendapat 100 token.
Token disini berguna sebagai bantuan bila kamu benar-benar tidak mengetahui jawaban. Menariknya jenis bantuan juga disediakan dengan variasi yang banyak. Misalnya saja Ask Your Friend yang bisa dilakukan dengan memposting gambar ke Twitter atau Facebook. Walaupun tidak mendapat jawaban langsung tetapi hanya bantuan ini yang disediakan dengan gratis.
Sementara itu, Hint bisa dipergunakan dengan membayar 200 tokens, Eliminate Keys menggunakan 300 tokens, Open Letters 400 tokens, dan yang terakhir Resolve untuk langsung mengetahui jawabannya menggunakan 2000 tokens. Bila kamu kekurangan tokens, kamu bisa membelinya melaui IAP. Untuk melengkapi pundi-pundi pendapatan dari game ini, Alegrium juga membuka sebuah toko online yang menjual berbagai perlengkapan seperti baju, sampai casing iPhone yang berkaitan dengan game ini.

Icon Pop Quiz | Screenshot 3 

Untuk masalah grafis, memang game ini tergolong biasa saja, tidak ada yang grafis 3D yang canggih, hanya 2D. Namun hal ini sudah cukup untuk memainkan game ini. Tidak ada musik juga yang mengiringi langkah kamu dalam menebak setiap logo hanya ada bunyi button ketika di tap.
Karena game ini gratis, biasanya memang ada spot-spot yang disediakan untuk iklan. Tetapi lama kelamaan saya merasa cukup terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul. Misalnya saja dari halaman utama ke level yang saya ingin mainkan, selain spot iklan dibawah, saya selalu menemukan iklan setiap perpindahan antar halaman. Untuk menghilangkannya kamu dapat membayar $1.99 melalui IAP.
Dalam hal navigasi juga saya mengeluhkan hal serupa. Setiap saya berhasil menebak sebuah gambar dengan benar, sistem tidak secara otomatis mengembalikan saya ke deretan gambar yang ada. Namun saya harus menekan tombol back terlebih dahulu. Karena banyaknya icon yang ada, menekan tombol back terus menerus bisa menjadi hal yang menjengkelkan juga.
Secara garis besar, Alegrium memberikan yang terbaik untuk game mobile ketiga mereka. Cakupan level yang luas dan learning curve yang baik disediakan dalam setiap levelnya. Namun penempatan iklan dan sedikit masalah pada navigasi tidak menjadikannya sempurna.

App Store Link: Icon Pop Quiz, Free

Tidak ada komentar:

Posting Komentar