Pages

Jumat, 08 Februari 2013

tokoh aliran kubisme

berikut adalah beberapa tokoh aliran kubisme : 
Paul Cezane
Paul Cézanne (Aix-en-Provence, 19 Januari 1839–Aix-en-Provence, 22 Oktober 1906) adalah pelukis Perancis yang hidup pada masa Post Impresionis. Karyanya merupakan peralihan dari konsep seni abad 19 menuju kebebasan mutlak seni pada abad 20. Karyanya merupakan pemberontakan terhadap pakem impresionisme yang saat itu sedang populer dan menjadi inspirasi seniman pembaharu seperti gayakubisme Picasso, meskipun gayanya sendiri belum bisa disebut kubisme. Karyanya juga menginspirasi seniman fauvisme
Karya-karya Paul Cézanne memperlihatkan keahlian desain, warna, dan komposisi. Goresannya yang repetitif, sensitif, menggairahkan, dan mengeksplorasi mengesankan karakterisasi yang kuat. Beberapa sentuhan kuasnya sudah cukup menggambarkan keseluruhan objek yang kompleks dan abstraksi-abstraksi yang didapatkannya dari alam. Lukisan Cézanne juga memperlihatkan studi subjektif yang teliti, pencarian, dan eksplorasi mendalam terhadap persepsi visual manusia.

Pablo Picasso
Pablo Ruiz Picasso (lahir 25 Oktober 1881 – meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukisrevolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.
Banyak seniman-seniman masyhur ditandai oleh satu macam gaya dasar. Tidaklah demikian Picasso. Dia menampilkan ruang luas dari pelbagai gaya yang mencengangkan. Kritikus-kritikus seni memberi julukan seperti "periode biru," "periode merah muda," "periode neo-klasik" dan sebagainya. Dia merupakan salah satu dari cikal bakal "Kubisme," Dia kadang ikut serta, kadang menentang perkembangan-perkembangan baru dalam dunia lukis-melukis modern. Mungkin tak ada pelukis dalam sejarah yang sanggup melakukan karya dengan kualitas begitu tinggi dengan lewat begitu banyak gaya dan cara.
George Braque
Georges Braque [p] (13 Mei 1882 - 31 Agustus1963) adalah seorang pelukis abad ke-20 besarPerancis dan pematung bersama dengan Pablo Picasso, mengembangkan gaya seni yang dikenal sebagai Kubisme.

        Georges Braque lahir pada 13 Mei 1882, di Argenteuil, Val-d'Oise. Ia dibesarkan di Le Havre dan dilatih untuk menjadi seorang pelukis dan dekorator rumah seperti ayahnya dan kakeknya.Namun, ia juga belajar melukis seni selama malam hari di École des Beaux-Arts, di Le Havre, dari sekitar 1897-1899. Di Paris, diamagang dengan dekorator dan dianugerahisertifikat di tahun 1902. Tahun berikutnya, ia menghadiri Académie Humbert, juga di Paris,dan dicat di sana sampai 1904. Di sinilah dia bertemu Marie Laurencin dan Francis Picabia.

Metzinger
Jean Metzinger (24 Juni 1883 - November 3, 1956) adalah seorang pelukis Prancis dan penulis.
Metzinger lahir di Nantes, Perancis. Awalnya ia dipengaruhi oleh Fauvism dan Impresionisme,tapi dari 1908 ia dikaitkan dengan Kubisme.Metzinger adalah anggota d'Bagian Ataukelompok seniman. Potongan tertentu sepertiPada trek Siklus-Ras menunjukkan kecepatan dan gerakan, ide-ide yang terkait dengan gerakan futuris.
Bersama dengan Albert Gleizes, Metzingermenciptakan risalah besar pertama padaKubisme, Du Cubisme, pada tahun 1912. Padatahap terakhir dari karirnya, ia menjauh darikubisme ke realisme, sementara masihmempertahankan unsur-unsur gaya kubisme.

         Albert Glazez
Albert Gleizes (8 Desember 1881, Paris - 23 Juni 1953), adalah seorang pelukis Prancis. LahirAlbert Léon Gleizesand dibesarkan di Paris, ia adalah putra seorang desainer kain yang mengelola sebuah workshop desain industri besar. Dia juga kemenakan Léon Comerre,seorang pelukis potret sukses yangmemenangkan Prix de Rome 1875.Albert muda Gleizes tidak menyukai sekolah dan sering dilewati kelas untuk menganggur pergiwaktu menulis puisi dan berkeliaran dipemakaman Montmartre di dekatnya. Akhirnya, setelah menyelesaikan sekolah menengah,Gleizes menghabiskan empat tahun di tentara Perancis kemudian mulai mengejar karirsebagai pelukis, terutama melakukan lanskap.Awalnya dipengaruhi oleh Impresionis, ia hanyadua puluh satu tahun ketika karyanya berjudulAsnieres La Seine à dipamerkan di SociétéNationale des Beaux-Arts pada tahun 1902.


Moctar Apin

Mochtar Apin (1923 - 1994) adalah seorangpelukis Indonesia.
pendiri Seniman MudaGelanggang (Arena Seniman Independen)gerakan di Jarkarta pada tahun 1946 dan anggota dari Sekolah Bandung. Bersamapelukis lainnya, intelektual dan penyair, ia menganjurkan suatu yang ideal universalis untuk budaya, advokasi penciptaan seni kekhawatiranyang bisa berkomunikasi dengan orang dari semua latar belakang. Mochtar dengan baikperjalanan dan selama tujuh tahun dari hidupnya,1951-1959, ia mengambil inisiatif untukperjalanan keliling Eropa melihat dan mengunjungimuseum seni. Dengan pengetahuan tersebut, Mochtar telah dilengkapi dengan baik untuk perdebatan tentang peran seni di Indonesia.

            Fajar Sidik
Fajar sidik adalah pelukis dari sanggar Pelukis Rakyat Selain melukis, mematung juga merupakan bagian dari kesehariannya. Hasilnya, patung batu Jenderal Sudirman di halaman gedung DPRD Yogyakarta.

*Aliran kubisme di Indonesia diperkenalkan oleh Ries Mulder di ITB Bandung selaku dosen instruktur senior di perguruan itu, sedangkan Ries Mulder berguru dari Jack Louis Villon kelompok kubisme di Paris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar